Senin, 18 Agustus 2014

Melepas Anak Sapi di Desa Selulung Kintamani Bangli


Desa Selulung terletak di Kintamani, Bangli letak geografis desa ini bersebelahan dengan desa Tajun, Buleleng.Keberadaan Desa ini cukup Tua di desa ini ada tradisi melepasliarkan anak sapi yang disebut dengan tradisi Ngaturang Bakti Pangeleb. Upacara ini merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan saat seseorang dikarunia anak laki-laki dan sekaligus pembayaran kaul atau janji sesangi. Perkembangan lainnya, prosesi tersebut dilakukan karena seseorang terkena sanksi niskala (denda). Meski demikian , jenis upakara maupun cara penyelenggaraan prosesi ini hampir sama.
Anak Sapi disebut Godel (bhs. Bali) dilakukan dengan runtutan membuat sesaji (banten) seperti salaran, prayascita dan banten pembersihan lainnya yang akan dihaturkan di Pura Bale Agung dan Pura Dalem Selulung. Prosesi diawali dengan persembahyangan di depan palinggih yang ada di Pura Bale Agung. Setleah itu, para paduluan adat akan menggelar paruman atau rapat di pura. Selanjutnya paduluan Desa Selulung akan beranjak menuju Pura Dalem. Selain menghaturkan sesaji yang dipimpin oleh oleh Jero Kubayan, di pura tersebut juga dilaksanakan upacara pembersihan terhadap anak sapi yang nantinya akan dilepas. Anak sapi yang dipakai sarana bakti pangeleb itu terlebih dahulu diperciki tirta. Layaknya manusia, anak sapi itu akan disisir, diberi bedak dan disemproti minyak wangi. Sapi yang merupakan pilihan dan merupakan sapi jantan dan tidak boleh memiliki cacat dalam tubuhnya.Tradisi unik lainnya apabila saat dilepas sapi tersebut berlari ke selatan maka diyakini sebagai kendaraan Dewa Siwa. Jika larinya kebarat kendaraan Betara Pura Dalem Kemulan, timur Betare Kangin (Ratu Medue Karang) dan jika ke Utara Betare Puseh Penulisan. 
Warga juga percaya apabila didatangi sapi ke rumah atau kebun mereka akan menerima dengan senang hati karena dipercaya sapi-sapi tersebut memberikan berkah dan dapat menyembuhkan penyakit bagi warga dan warga telah banyak membuktikan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Arsip dan Catatan Pribadi Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger